Lengkap – 29 Tempat Wisata Karawang Terhits 2021

Bagikan ke:

Apakah Karawang memiliki tempat wisata? Anda sedang mencari tempat wisata di karawang? Bila mendengar kata Karawang, orang akan langsung terbayang akan banyaknya industri atau pabrik yang beroperasi di kota ini. Kota Karawang memang dikenal sebagai kota industri dengan Upah Minimal Kota (UMK) tertinggi di Indonesia. Itulah mengapa kota ini dipenuhi oleh orang-orang pendatang, yang bekerja untuk pabrik-pabrik Karawang.

Mengingat para pekerja juga membutuhkan rekreasi untuk sekedar menghilangkan lelah dari rutinitas bekerja, maka pastinya Karawang juga mengembangkan sektor pariwisatanya sebagai destinasi rekreasi keluarga. Artikel ini akan mengulas secara singkat 35 tempat wisata di Karawang yang jarang orang tahu.

Berikut ini 29 tempat wisata Karawang yang wajib kamu kunjungi

1. Danau Cipule

Danau Cipule
Sumber gambar: Instagram.com/ilham_alkantara

Bekas kawasan tambang yang luas dan dalam, Danau Cipule pun beberapa kali digunakan sebagai venue lomba dayung. Salah satunya pada tahun 2006 untuk turnamen dayung tingkat ASEAN.

Tidak hanya bisa menonton mereka yang berkompetisi, kamu pun bisa berkeliling danau ini dengan menggunakan perahu sampan. Bahkan, melipir sejenak ke Pulau Cinta dan beristirahat sejenak sambil menyantap hidangan ikan hasil tangkapan.

Danau ini terletak 20 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Desa Mulyasari, Kec. Ciampel.

Baca juga :17 Tempat Wisata Subang Terhits & Terbaru 2021

2. Green Canyon Ciomas

Green Canyon Ciomas
Sumber gambar: Instagram.com/sayareynaldy

Penasaran dengan Green Canyon yang terkenal itu? Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika sana, di Ciomas, Karawang pun kamu bisa menemuinya.

Tempat wisata Karawang ini tidak kalah dengan Green Canyon di Amerika, bahkan memiliki air terjun yang terhimpit di antara tebing dan terhubung langsung dengan sungai yang berada di bawahnya. Biar warna hijau dari sungai menjadi keindahan tersendiri.

3. Curug Bandung

Curug Bandung
Sumber gambar: Instagram.com/fitriyani.kusnadi

Curug Bandung tapi adanya di Karawang, unik juga! Lebih untuk lagi karena dia memilki tujuh aliran air terjun yang pastinya sangat memukau dan menyegarkan.

Untuk menikmati pemandangan indah ini, kamu perlu sedikit berusaha karena memang lokasinya yang berada di hutan. Trek yang dilalui pun akan terasa tidak mudah. Karenanya, perlu kondisi yang prima untuk menilik Curug Bandung ini.

4. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark
Sumber gambar: Instagram.com/taruma_leisure_waterpark

Taruma Leisure Waterpark merupakan destinasi wisata keluarga yang menjadi favorit masyarakat Karawang dan sekitarnya. Berbagai fasilitas wisata air modern bisa kamu dapatkan di sini. Taruma Leisure Waterpark menyediakan leisure pool sebagai fasilitas unggulan yang bisa kamu gunakan untuk berendam dan mendapatkan sensasi relaksasi terapi air. Selain leisure pool, disediakan juga wave pool (kolam arus), lazy river,  kiddy pool, dan twin slide.

Tak perlu khawatir lapar karena Taruma Leisure Waterpark juga memiliki food court yang menjual berbagai makanan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat beserta minumannya. Selain itu kamu bisa menaruh barang-barangmu dengan aman di loker room. Ketika ada hal yang tak terduga seperti kecelakaan saat berenang, Taruma Leisure menyediakan posko kesehatan.

Tempat wisata keluarga yang berdiri sejak 2013 ini memiliki tempat parkir yang sangat luas. Berada di areal Perumahan Taruma di jalan Tarumanegara membuat Taruma Leisure Waterpark sangat mudah untuk dijangkau. Untuk harga tiket masuk pada hari senin-jumat, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp50.000 dan untuk akhir pekan sebesar Rp60.000. Harga tersebut tergolong murah dengan segala fasilitas yang ditawarkannya.

5. Kampung Budaya Karawang

Kampung Budaya Karawang
Sumber gambar: Instagram.com/framadhanti

Terdapat sebuah destinasi budaya yang sangat menarik untuk kamu kunjungi saat berada di Karawang. Pemerintah kota Karawang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan berusaha melestarikan seni dan budaya asli Karawang dengan membangun sebuah Kampung Budaya Karawang. Kampung ini dibangun pada tahun 2015.

Begitu kamu memasuki kampung, kamu dapat langsung melihat pemandangan khas perkampungan sunda zaman dulu lengkap dengan areal persawahannya. Rumah-rumah yang ada di sana juga dibuat persis dengan rumah tradisional sunda. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi dua sanggar tari yang ada di sana. Dua sanggar ini masih aktif mengajarkan tari jaipong, pedalangan, dan bermacam kebudayaan sunda lainnya. Di sanggar ini lah masyarakat sekitar belajar dan melestarikan kebudayaan Sunda.

Kampung Budaya Karawang juga menyediakan rumah makan sunda yang menyajikan beragam masakan khas sunda. Sambil menikmati makanan kamu akan mendengarkan degung-degung sunda yang syahdu dan menenangkan. Untuk kamu yang ingin mengadakan event atau meeting di kampung ini, Kampung Budaya Karawang memiliki aula berkapasitas besar. Untuk menuju ke Kampung Budaya Karawang, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer dari gerbang tol Karawang Barat.

6. Situs Batujaya dan Candi Jiwa

Situs Batujaya dan Candi Jiwa
Sumber gambar: Instagram.com/fakhriakmaludin

Ingin wisata sejarah dengan mengunjungi situs candi? Nggak mesti ke Borobudur atau Prambanan. Di Karawang pun ada. Bahkan terdapat 46 titik candi yang tersebar di dalamnya. Itu adalah Situs Batujaya. Situs ini berada di Rengasdengklok. Jika kamu berangkat dari Jakarta maka akan membutuhkan waktu 3 jam perjalanan.

Candi Jiwa, salah satu candi yang berada di Situs Batujaya ini memiliki tinggi 4 meter dan terlihat seperti gundukan tanah berbentuk oval. Bangunan utama candi ini berukuran 19 x 19 meter dibangun dari batu bata yang disusun melingkar, yang di dalamnya pun terdapat sebuah stupa.

Candi Jiwa diketahui dibangun pada abad ke-12. Namun, sampai dengan saat ini ia masih digunakan untuk kegiatan ibadah oleh umat Budha. Jika kamu ingin berkunjung ke sana di waktu mereka melaksanakan peribadatan, rasanya akan menarik karena akan melihat sekumpulan orang yang mengelilingi candi searah dengan jarum jam.

7. Gunung Sanggabuana

Sanggabuana
Sumber gambar: Instagram.com/andryan_w

Karawang juga punya gunung ternyata. Yap, Gunung Sanggabuana yang memiliki air terjun denan ketinggian 25 meter ini bisa kamu jadikan referensi liburan bertemakan alam bahkan untuk berolahraga sekali pun. Dengan pepohonan rimbun dan udara yang sejuk, kamu bisa melakukan hiking bersama teman atau latihan bersepeda gunung.

Di kaawasan Gunung Sanggabuana ini pun kamu dapat melatih kekompakan dengan keluarga melalui wahana outbound atau sekadar bermain air di mini water park atau bisa juga berkeliling dengan menggunakan ATV. Jika satu hari dirasa tidak cukup, kamu pun bisa menginap di vila dan penginapan yang tersedia di sana. Harganya, tentu saja terjangkau!

Untuk mencapai kawasan ini dari Jakarta, kamu bisa memilih Tol Cikampek dan keluar di pintu Tol Asper yang dilanjutkan ke arah Parakan Badak sampai ke Desa Jayanti. Untuk harga tiket masuknya sendiri, setiap orang perlu membayar Rp2.500.  Namun, jika ingin melihat keindahan Curug Cigentis kamu perlu membayar lagi sebesar Rp15.000. Jangan lupa dengan uang parkirnya, Rp5.000 untuk motor dan Rp7.500 untuk mobil.

Baca Juga : 17 Tempat Wisata Indramayu Terbaru & TerHits 2021

8. Pantai Pelangi

Pantai Pelangi
Sumber gambar: Instagram.com/radageser

Pantai Pelangi menawarkan ombak yang cukup tenang sehingga kamu dapat bebas berenang dan bermain air di sini. Selain itu pasir yang ada di pantai ini sangat lembut, cocok digunakan untuk bermain pasir bersama keluarga. Di sepanjang Pantai Pelangi juga terdapat banyak warung makan sederhana yang menyajikan makanan dan minuman sederhana dengan harga terjangkau.

Pantai Pelangi dapat kamu tempuh dari pusat kota Karawang sejauh 35 kilometer. Pantai yang sangat indah ini tepatnya berada di Desai Sungai Buntu, Kec. Pedes. Arahkan petamu menuju Kecamatan Pedes, setelah memasuki Kecamataan Pedes kamu masih harus menempuh perjalanan selama 2 jam melewati pemandangan sawah dan ladang yan hijau.

9. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark
Sumber gambar: Instagram.com/wonderlandadventurewaterpark

Wonderland Adventure Park (WAW) merupakan wisata air terluas di Karawang dengan luas 3,4 ha yang akan menyambut kedatanganmu dengan gerbang kerajaan yang biasa kita lihat dalam dongeng anak-anak. Di dalam kerajaan WAW ini kamu bisa menikmati berbagai wahana air seperti Gua Stalaktit, Pirates Attaack, Volcano Wave, Sundown Amphi, Funny Pool, Gorilla Slide, Animal Kingdom, hingga Niagara Waterfall.

Tidak hanya bermain air, di WAW kamu juga bisa menikmati wahana outbond, flying fox, fitness, dan futsal. Dengan tiket harga masuk sebesar Rp65.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp85.000 di akhir pekan dan saat tanggal merah. Jam operasional WAW sendiri 09.00 – 18.00 WIB. Namun, spesial di hari Sabtu, WAW baru akan tutup pada pukul 19.00 WIB.

10. Gua Dayeuh

Gua Dayeuh
Sumber gambar: Instagram.com/ujangdiky

Wisata sejarah purbakala Karawang dapat kamu lakukan dengan mengunjungi Gua Dayeuh yang memiliki panjang 300 meter. Di dalamnya terdapat stalaktit yang memiliki fosil hewan laut beserta moluska. Fosil-fosil ini menjadi bukti bahwa gua ini dahulu kala adalah lautan. Hal ini yang membuat Gua Dayeuh menarik bagi para arkeolog.

11. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru
Sumber gambar: Instagram.com/afwanbasit

Satu lagi pantai yang dapat kamu nikmati pada akhir pekan di antara Semenanjung Kabupaten Subang dan Karawang adalah Pantai Tanjung Baru. Ia berlokasi di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya. Meski tidak berpasir putih, pantai ini tetap nyaman untuk dijadikan tempat bermain bersama keluarga.

12. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis
Sumber gambar: Instagram.com/indra_awan017

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Baru ada satu pantai lagi yang kamu bisa nikmati bersaa keluarga, yaitu Pantai Tanjung Pakis. Tidak hanya bisa bermain air dan pasir bersama keluarga, kamu pun dapat berbelanja oleh-oleh khas Karawang di sana.

13. Curug Cigentis

Curug Cigentis
Sumber gambar: Instagram.com/imam_ambarita

Curug Cigentins yang berada di Kawasan Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru adalah sebuah destinasi wisata alam yang masih asri dan alami. Memberikan udara yang sejuk, juga air terjun yang mengalir bisa menjadi pelepas penat kamu yang sibuk bekerja dengan sejenak merendamkan kakimu di sungai aliran air terjun.

14. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru
Sumber gambar: Instagram.com/tegar_cybershot

Pantai lainnya di Karawang yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Samudera Baru yang tidak lebih dari 40 kilometer dari pusar kota. Di pantai ini, kamu bisa menikmati air laut yang terlihat biru dan bersih diiringi debur ombak yang menderu-deru. Suasana indah ini cocok sekali dinikmati jika ditemani dengan satu buah kelapa muda di siang hari.

15. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak
Sumber gambar: Instagram.com/bangiqbal15

Butuh lokasi wisata alam yang Instagramable? Curug Cikoleangkak yang berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru bisa jadi jawabannya. Air terjun yang berada di antara dua bebatuan besar ini terlihat seperti bersembunyi, bukan? Dengan sedikit pengaturan angle yang baik, fotomu di sini bisa mewarnai feed Instagram kamu.

Baca Juga : Tempat Wisata Cirebon – 21 Terbaru & Terhits

16. Puncak Sempur

Puncak Sempur
Sumber gambar: Instagram.com/itsrahartyu

Kalau kamu penasaran dengan penampakan Karawang dari ketinggian, rasanya kamu perlu datang ke Puncak Sempur yang berada di daerah Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru. Dengan sedikit kabur yang akan menyelimuti pemandangan, kamu bisa menikmati Karawang beserta udara segarnya. Jangan lupa pakai baju yang tebal ya!

17. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak
Sumber gambar: instagram.com/andryan_w

Suka tantangan? Bagaimana dengan sedikit mendaki dan menyelusuri hutan untuk menikmati keindahan alam tersembunyi Karawang? Curug Cikarapyak bisa dijadikan pilihan.

Berada di atas Curug Cipanundaan, Curug Cikarapyak memiliki trek yang sangat sulit untuk ditempuh. Namun, semua itu akan terbayar dengan keindahan curug kecil berelief yang unik ini. Sebuah curug dengan ciri khas tersendiri yang jarang ditemui di temapat lain.

18. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan
Sumber gambar: instagram.com/agussyahril_022

Curug yang bisa kamu temui sebelum sampai ke Curug Cikarapyak ini berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Curug Cikarapyak ini memiliki tiga curug yang saling tumpang-tinggih bagaikan tangga sehingga air yang jatuh pun akan memasuki kolam yang ada satu per satu terlebih dahulu.

19. Danau Kalimati

Namanya saja kalimati tapi danau ini bukanlah ujung dari sebuah kali yang mati. Danau Kalimati yang berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari ini menyuguhkan pemandangan yang bisa menenangkan hati. Belum lagi, ada banyaknya jajanan yang tersedia untuk bisa dinikmati. Lengkap sekali, bukan?

20. Situ Kamojing

Situ Kamojing
Sumber gambar: instagram.com/ahmadtoha.p

Berada dalam lingkungan hutan konservasi, Situ Kamojing rupanya memiliki fungsi yang beragam, tidak hanya menjadi daerah resapan air. Namun, ia juga kerap dijadikan lokasi syuting berbagai film dan sinetron. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan dan rumah makan, danau yang terletak di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek ini bisa dijadikan lokasi untuk liburan keluarga yang praktis.

21. Monumen Rawa Gede

Monumen Rawa Gede
Sumber gambar: instagram.com/tubagusfauzy25

Karawang yang menjadi tempat persembunyian para pendiri bangsa untuk menyiapkan kemerdekaan, rupanya tidak tanggung-tanggung karena ada ratusan pemuda yang berusaha mengamankan tempat ini. Untuk mengenang jasa mereka, maka dibangunlah sebuah monument yang terdiri dari makan 200 orang pemuda pejuang saat itu. Monumen ini berada di Desa Rawa Gede, Kecamatan Rawa Metan.

22. Bendungan Walahar

Bendungan Walahar
Sumber gambar: instagram.com/heykomang

Jika ingin menilik sejarah penjajahan Belanda lebih dekat, kamu bisa mengunjungi peninggalannya, yaitu Bendungan Walahar yang berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari. Bendungan yang merupakan hasil dari program kerja paksa ini berfungsi untuk mengatur aliran Sungai Citarum yang dapat mengairi daerah sepersawahan seluas kira-kira 85 hektar.

Baca Juga :Tempat Wisata Bekasi Paling Hits Tahun 2021

23. Gunung Loji

Gunung Loji
Sumber gambar: instagram.com/kamilasyarin

Untuk kamu yang suka mendaki gunung, rasanya perlu mencoba taklukkan Gunung Loji yang memiliki ketinggian 1.291 mdpl. Untuk mencapai puncak Gunung Loji, kamu bisa melewati jalur pendakian Cigentis dengan durasi perjalanan dua jam. Namun, kamu pun tetap disarankan untuk menggunakan jasa guide agar pendakian  aman dan nyaman.

24. Situ Cibayat

Situ Cibayat
Sumber gambar: instagram.com/mihadi_11

Tempat wisata karawang yang satu ini merupakan pepaduan danau dan bukit dalam satu tempat bisa kamu nikmati di Situ Cibayat yang berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru. Dengan luas sampai dengan 4 hektar, menikmati pemandangan yang asri dan alami sambil mengamati aktivitas masyarakat yang memanfaatkan danau tersebut.

25. Candi Blandongan

Candi Blandongan
Sumber gambar: instagram.com/batujayacom

Satu lagi candi yang cocok untuk kamu yang mau melihat sisa rekaman sejarah kerajaan Hindu-Budha Indonesia yang ada di Karawang, yaitu Candi Blandongan yang berada di Situs Batujaya. Berbeda dengan Candi Borobudur dan Prambanan yang dibangun menggunakan batu alam asli, Candi Blandongan ini dibangun dengan batu bata. Bukankah, ini menunjukkan bahwa candi ini adalah hasi dari teknologi yang sedikit lebih maju?

26. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno
Sumber gambar: wikipedia.org

Tidak jauh dari Monumen Kebulatan Tekad yang dulunya adalah markas pasukan Pembela Tanah Air (PETA), terdapat rumah yang dulunya dijadikan rumah untuk mengasingkan kedua bapak proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta.

Rumah ini adalah miliki alm. Djiaw Kie Siong yang berada di Desa Kalijaya. Pemilihan rumah ini sendiri tidak diketahui dengan pasti. Namun, diduga karena lokasi rumah yang tidak mencolok dan cocok untuk melindungi keduanya di saat genting untuk merebut kemerdekaan.

27. Danau Resinda

Danau Resinda
Sumber gambar: instagram.com/edoslamet

Ingin menikmati berkeliling danau dengan perahu kecil? Kamu bisa menikmatinya di Danau Resinda yang terdapat di Desa Purwadana, Teluk Jambe Timur. Di sana, kamu bisa menikmati pemandangan asri yang alami secara gratis tanpa dipungut biaya masuk, lho!

28. Makam Singa Perbangsa

Makan Singa Perbangsa
Sumber gambar: instagram.com/dwamoto

Singa Perbangsa adalah bupati pertama Karawang yang menjabat sejak tahun 1633 – 1677. Ia pun mendapatkan gelar sebagai Adipati Kertabumi IV. Makamnya berlokasi di Desa Manggung Jaya, Cilamaya. Singa Perbangsa memiliki garis keturunan Prabu Geusan Ulun, penguasa Kerajaan Sumedang Larang. Ayahnya adalah Adipati Kertabumi III, Pangeran Nagaragan yang sebelumnya berusaha menguasai Karawang sebagai wakil dari Sultan Agung dari Mataram.

29. Wisata Mangrove Sedari

Wisata Mangrove Sedari
Sumber gambar: instagram.com/gunartigun72

Karawang memiliki garis pantai yang cukup panjang, risiko abrasi sangatlah tinggi. Karenanya penting untuk mencegahnya penanaman mangrove di tepi pantai. Wisata Mangrove Sedari ini merupakan hutan mangrove yang telah dibuka untuk umum.

Sumber refrensi artikel : shopback.co.id

Oke Sahabat Cira, Itulah tadi 29 tempat wisata Karawang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ternyata selain banyaknya industri, Karawang juga menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk didatangi.

Bagikan ke:

Related posts

Leave a Comment